Operasi transplantasi liver atau Hati Menurut Pandangan Islam (Kasus di RS Dr. Soetomo Surabaya)



Operasi transplantasi liver atau Hati Menurut Pandangan Islam (Kasus di RS Dr. Soetomo Surabaya)

Pesantrenmenjawab - Deskripsi Masalah - ”Kasih Ibu Sepanjang Masa Kasih Anak Sepanjang Galah" itulah sebuah kata mutiara yang akan selalu tertanam di hati kita. Pada tgl. 24 April 2010, Surabaya berhasil membuat sejarah dalam dunia kedokteran, sebab di hari itu tim dokter di RSUD Dr. Soetomo berhasil melakukan operasi transplantasi liver seorang ibu yang bernama Sulistyowati kepada sang buah hatinya Ramdan Aidil Saputra asal Trenggalek. 

Operasi yang menelan biaya 1,3 miliar yang di tanggung pemerintah tersebut terlaksana berkat kerjasama RSUD Dr. Soetomo dengan Oriental Organ Transpalant Center (OOTC) yang berada di bawah Tianjin First Central Hospital, seluruh proses operasi di tayangkan secara langsung lewat layar monitor di ruang pertemuan gedung bawah dasar terpadu GBPT RSDS, perlu diketahui  kondisi Ramdan Aidil Saputra tersengal-sengal jika bernapas dan perutnya membesar dikarenakan tidak memiliki saluran empedu.

Pertanyaan: 

a. Bagaimana pandangan fiqh dalam kasus operasi di atas?  

Jawaban :

a. Haram


حاشية البجيرمي عل الخطيب ج 1 ص 273
ويحرم قطع بعضه لغيره من المضطرين لأن قطعه لغيره ليس فيه قطع البعض لاستبقاء الكل.

وفى القليوبي ج1ص 183 
حرم استعمال شيئ من أجزاء الآدمى ولو مهدرا كما مر

وفي مغني المحتاج الى معرفة الفاظ المنهاج ج 1 ص 191 
ووصل شعر الأدمي بشعر نجس او شعر ادمي حرام للخبر السابق ولانه في الاول مستعمل للنجس العيني في بدنه وفي الثاني مستعمل لشعر أدمي والآدمي يحرم الانتفاع به وبسائر أجزائه لكرامته. 

b. Kalau tidak boleh, apakah tim dokter wajib mengembalikan liver sang ibu yang sudah ada di tubuh anaknya ? 

Jawaban :

b. Seharusnya liver yang di operasi pada bayi tersebut di lepas kembali untuk di kuburkan, kecuali mengakibatkan dloror pada sang bayi sebagaimana dalam deskripsi maka tidak boleh.


حواشى الشرواني : ج 2 ص 125
وفاقا للمغني وخلافا للنهاية عبارته ولو قال أهل الخبرة أن لحم الآدمي لا ينجبر سريعا إلا بعظم نحو كلب قال الإسنوي فيتجه أنه عذر وهو قياس ما ذكروه في التيمم في بطء البرء انتهى وما تفقهه مردود والفرق بينهما ظاهر وعظم غيره من الآدميين في تحريم الوصل به ووجوب نزعه كالعظم النجس ولا فرق في الآدمي بين أن يكون محترما أو لا كمرتد وحربي خلافا لبعض المتأخرين فقد نص في المختصر بقوله ولا يصل إلى ما انكسر من عظمه إلا بعظم ما يؤكل لحمه ذكيا ويؤخذ منه أنه لا يجوز الجبر بعظم الآدمي مطلقا فلو وجد نجسا يصلح وعظم آدمي كذلك وجب تقديم الأول اهـ

وفي حاشيةالجمل على المنهاج   ج 1  ص 418
ولووصل عظمه بقيد زدته بقولي ( لحاجة ) الى وصله ( بنجس ) من عظم ( لايصلح ) للوصل ( غيره ) هو أولى من قوله لفقد الطاهر ( عذر ) في ذلك فتصح صلاته معه، قال في الروضة كأصلها ولا يلزم نزعه إذا وجد الطاهر. قال السيكي تبعا للإمام وغيره إلا إذا لم يخف من النزع ضررا (وإلا) بأن لم يحتج أو وجد صالحا غيره من غير آدمي (وجب) عليه ( نزعه ) أى النجس وان اكتسى لحما ( ان أمن ) من نزعه ( ضرارا يبيح تيمم ولم يمت ) ( قوله من غير آدمي ) وأما الآدمي فوجوده حينئذ كالعدم ولو غير محترم كمرتد وحربي فيحرم الوصل به ويجب نزعه ـ الى ان قال ـ ويبقى ما لو يوجد صالح غيره فيحتمل جواز الجبر بعظم الآدمى الميت كما يجوز للمضطر اكل الميتة وان لم يخش الا مبيح التيمم فقط وقد يفرق ببقاء العظم هنا فالإمتهان دائم انتهى ح ل

c. Siapakah yang bertanggung jawab seandainya liver yang di operasikan tidak berfungsi atau menyebabkan kematian pada keduanya ?   kalau yang mati atau tidak berfungsi ibunya maka dokter tidak bertanggung jawab

Jawaban:

c. Mauquf 

Forum Bahtsul Masail (FBM) Pesantren Riyadlatut Thullab Pasuruan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Operasi transplantasi liver atau Hati Menurut Pandangan Islam (Kasus di RS Dr. Soetomo Surabaya)"

Posting Komentar