Polemik Seputar Tanah Wakaf Yang Menyebabkan Terjadinya Jumat Lebih Dari Satu Dalam Satu Daerah


Polemik Seputar Tanah Wakaf Yang Menyebabkan Terjadinya Jumat Lebih Dari Satu Dalam Satu Daerah
Gambar : konsultasisyariah.com

Pesantren Menjawab -  Deskripsi Masalah - Di suatu daerah terjadi polemik antar warga setempat dengan seorang kyai pemilik tempat ibadah atas status tanahnya yang belum diwakafkan, yang berujung dengan berdirinya tempat ibadah baru dan Ta’adudul Jum’ah (berdirinya shalat jum’at lebih dari satu dalam satu desa). 

Al kisah, masyarakat khususnya pengurus tempat ibadah lama  (orang awam menyebutnya masjid) mendesak sang kyai untuk mewakafkan tanahnya. Mereka berpendapat dengan mengurus atau beribadah di tempat ibadah yang tanahnya  sudah diwakafkan, berarti mereka bekerja untuk masyarakat. Jika belum, mereka beranggapan hanya membantu sang kyai. 

Setelah mendapat desakan dari warga akhirnya Sang Kyai mau mewakafkan tanah yang ada bangunan tempat ibadah. Tetapi hanya sebatas yang ditempati bangunan tersebut, sedang sekitarnya  (tempat sandal, ember dan lain-lain) tidak disertakannya. Warga pun kurang puas, pada saat itulah ada seorang warga yang mau mewakafkan tanahnya untuk ditempati bangunan masjid. 

Akhirnya dibangunlah masjid di situ yang letaknya berdekatan dengan masjid lama milik kyai tadi (+  50 meter). Kedua masjid tersebut digunakan untuk shalat jum’at , tapi masjid barulah yang banyak jama’ahnya  (40 orang lebih) sedangkan masjid lama hanya sekitar 20 orang. Akan tetapi dalam hal takbiratul ihram (takbir yang pertama) masjid lama selalu lebih dulu .  

Pertanyaan: 

a. Bagaimana Syara’ memandang sikap warga  (mendesak kyai untuk mewakafkan tanahnya , dan mendirikan shalat jum’at sendiri)  dan sikap kyai (tidak mau menuruti warga) dalam kasus di atas?

b. Apakah kejadian di atas bisa dijadikan alasan untuk ta’addudul jum’ah? Kalau belum, mana yang dianggap sah? (masjid lama yang jama’ahnya hanya 20 orang, ada kemungkinan bertambah, ket) dan bagaimana pula solusi yang tepat  untuk menyatukan mereka?

c. Apakah ada perbedaan pahala, antara mengurus atau beribadah di tempat ibadah yang tanahnya sudah di wakafkan dengan yang belum? Kalau ada, di mana letak perbedaanya?

Jawaban:

a. - Sikap warga dalam hal ini  positif  (baik) 
   - Hukum ta’addudul jum’at (mendirikan jum’at lebih dari satu         dalam satu desa) yang       dilakukan warga adalah boleh  
   - Sikap Kyai hukumnya juga boleh.    

Referensi: 

Is’adu al-Rafiq Juz II Hal: 93
Nihayatu al-Muhtaj Juz II Hal: 301
Hasiyatu al-Jamal Juz II Hal: 16
Bughyatu al-Mustarsyidin Hal: 79
Hasyiyatu al-Bajuri Juz I Hal: 375
Bughyatu al-Mustarsidin Hal: 142
I’anatu al-Thalibin Juz III Hal: 157
Hasyiyatu al-Jamal Juz III Hal. 575
Fiqhu al-Islamy Juz  IV Hal: 41

(اسعاد الرفيق لأحمد بن محمد بن علي بن حجر الهيتمي - ج 2 / ص 93 )
( و ) منها  ( كل قول يحث )  احدا من الخلق على فعل او قول شيئ اوستماع الى شيئ ( محرم ) فى الشرع ولو غير مجمع على حرمته. اهـ

(نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج لمحمد بن شهاب الدين الرملي  – ( ج 2 / ص 301 )
 ( فرع ) لو كان فى البلد خطبتان محتاج اليهما ثم أراد شخص آخر إحداث خطبة ثالثة فهل يمتنع عليه ذلك أم لا  ؟ فيه نظر والظاهر الثانى أنه لايلزم من إنشائها وقوع خلل فيها لجواز ان تكون هى السابقة على غيرها   –الى ان قال- واحتمال كثيرة اهل البلد بحيث يحتاجون الى ذلك الأصل عدمه ولا يترك الأمر الحاصل للمتوهم. اهـ

(بغية المسترشدين للسيد الشريف عبد الرحمن بن محمد بن حسين بن عمر الحضرمي صى 79 )
والحاصل من كلام  الأئمة ان أسباب  جواز تعددها ثلاثة  ضيق محل الصلاة بحيث لا يسع المجتمعين لها غا لبا -الى ان- قال  او بمحل لو خرج منه بعد الفجر لم يد ركها اذ لايلزمه السعى اليهاالا بعد الفجر. اهـ

(حاشية الجمل للسيد سليمان بن منصور العجيلي المصري  ج 2 ص 16 )
ومن جوازه ايضا وقوع خصام بين أهل  البلدان - الى ان قال-  لم تجب عليهم فيه ولا فى الأخر. اهـ

(بغية المسترشدين للسيد الشريف عبد الرحمن بن محمد بن حسين بن عمر الحضرمي صى 142 ) 
والحاصل ان كل احد يتصرف في ملكه بما لايضر ملك الجار وان أضر بالجار. اهـ

(حاشية الباجوري للشيخ ابراهيم الباجوري ج 1  ص 375 )
قال الشافعى وأبو حنيفة : له ان يتصرف بملكه بما يضر جاره لقوة ملكه وضعف حق الجار. اهـ

 (حاشية إعانة الطالبين لابي بكر ابن محمد الشطا الدمياطي ج 3 ص 157) 
وحمل العلماء الصدقة الجا رية علىالوقف وقال فىالمغنى  وصدقة الجا رية معمولة عندالعلماء علىالوقف. اهـ

(حاشية الجمل للسيد سليمان بن منصور العجيلي المصري ج 3 ص 565)
ويتصرف كل )  من الملاك ( فى ملكه بعادة ) وان ادى الى ضرر جاره او اتلاف ماله كمن حفر بئر ماء اوحش فاختل به جدار جاره اوتغير بما فىالحش ماء بئره ( فاءن جا وزها ) اى العادة فيما ذكر (ضمن ) بما جاوز فيه كان دق دقا عنيفا ازعج الابنية او حبس الماء فى ملكه فا نتشرت النداوة الى جدارجا رها.اهـ

(الفقه الإسلامي وأدلته للدكتور وهبة الزحيلي ج 4 ص 41)
حق الانسان او العبد وهو ما يقصد منه حما ية مصلحة الشخص سواء كان الحق عاما كالحفاظ على الصحة والاولاد والاموال وتحقيق الأ من وقمع الجريمة وردالعدوان والتمتع بالمرافق العامة للدولة ام كان الحق خاصا كرعاية حق المالك فى ملكه وحق البائع فىالثمن والمشترى فى المبيع وحق الشخص فى بدل المتلف ورد المال المغصوب وحق الزوجة فى النفقة على زوجها وحق الام فى حضانة طعلها والاب فى الولاية على اولاده وحق الانسان فى مزاولة العمل ونحو ذلك اهـ

Jawaban :

b. Mengekor ke sub a (bisa dijadikan alasan untuk melakukan ta’addudul jum’at).

Jawaban :

c. Tidak Ada perbedaan pahala.

Referinsi: 

Al-Asybahu wa al-Ndla’ir hal: 100 & 99
Al-Mawahibu al-Saniyah hal: 240

(الأشباه والنظائر  للأمام عبد الرحمن بن ابي بكر بن محمد السيوطي ص 100 )
 (القاعدة الثانة والعشرون ) الفضيلة المتعلقة بنفس العبادة اولى من المتعلقة بمكانها قال فى الشرح المهذب هذه قاعدة مهمة صرح بها جماعة من اصحابنا وهي مفهومة من كلام الباقين ويتخرج عليها مسائل مشهور ( ومنها ) صلاة النفل فى البيت افضل منها فى المسجد لأن فعلها فى بيته فضيلة تتعلق بها فانه سبب لتمام الخشوع والأخلاص وأبعد عن الريأ وشبهه حتى ان صلاة النفل فى بيته افضل منها فى مسجد النبى صلىالله عليه وسلم لذلك اهـ

(الأشباه والنظائر  للأمام عبد الرحمن بن ابي بكر بن محمد السيوطي– ( ص 99 )
ثم اختار الشيخ عز الدين تبعا للغزالى ان افضل الطاعات على قدر المصالح الناشئة عنها. اهـ

مواهب السنية – ( ص 240 )
ثم اعلم ان ابن عبد السلام أختار تبعا للاحياء أن فضل الطاعات على قدر المصالح التى تنشأ عنها اهـ

Muwawarah Kubro (MK) LP Al Khoziny Buduran Sidoarjo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Polemik Seputar Tanah Wakaf Yang Menyebabkan Terjadinya Jumat Lebih Dari Satu Dalam Satu Daerah"

Posting Komentar